Manfaat Teh Hitam Yang Perlu Diketahui


Teh hitam diproses dengan membiarkan daun teh hingga berwarna coklat melalui proses oksidasi sempurna sehingga menghasilkan rasa dan warna yang khas. Hal ini jelas berbeda dengan teh hijau, yang dalam prosesnya tidak melalui pembiaran hingga warna daun berubah. Teh hijau langsung diproses setelah daun dipetik. Namun begitu, kedua jenis teh tersebut memiliki kandungan dan manfaat yang hampir sama. Lalu apa manfaat teh hitam bagi kesehatan? Berikut ulasanya:

Para periset Universty College London menemukan bahwa teh hitam dapat membantu menurunkan kadar hormon stress cortisol beredar di dalam darah. Orang yang mengkonsumsi teh hitam lebih cepat meredakan stress dibanding orang yang tidak meminumnya.

Manfaat Teh Hitam

Dalam studi tersebut, 75 pria muda yang secara teratur dibagi menjadi 2 kelompok dan dimonitor selama 6 minggu. Mereka semua mendapat teh biasa, kopi, dan minuman berkafein. Satu kelompok diberi campuran teh berkafein dengan cita rasa buah yang sama dengan 1 cangkir teh hitam, sedangkan kelompok satunya diberi placebo berkafein yang rasanya sama tapi tanpa ingredient aktif teh. Kedua kelompok diberi tugas yang sama sulitnya, sambil para ahli mengukur cortisol, tekana darah, dan penilaian stress yang dilakukan diri sendiri.  Dalam satu tugas, para relawan dieksposkan pada satu dari tiga situasi sulit: ancaman PHK, tuduhan mencuri di took, atau kasus di rumah panti jompo. Mereka harus menyiapkan respon verbal dan memperdebatkan kasus mereka di depan kamera.

Beberapa tugas yang diberikan memicu kenaikan tekanan darah, denyut jantung, dan penilaian stress subyektif pada kedua kelompok. Tapi setelah 50 menit kadar cortisol turun rata-rata 47% pada kelompok yang minum teh. Pada kelompok kedua yang tidak mengkonsumsi teh, penurunan hanya mencapai 27%. Aktivasi platelet darah yang dikaitkan dengan penggumpalan darah dan resiko serangan jantung, juga lebih rendah pada peminum teh.

Menurut professor Andrew Steptoe, minum teh secara tradisional dikaitkan dengan manfaat untuk meredakan stress, dan banyak orang percaya, minum teh membantu mereka menjadi rileks setelah beraktivitas sepanjang hari.

Namun para ahli yang mengungkapkan hal tersebut masih sedikit sekali, para ahli belum menemukan persisnya ingredient apa di dalam teh yang mendatangkan khasiat ini. Menurut prof Steptoe bahwa ingredien teh sangat komplek. Teh mengandung catechins, polyphenols, flavonoids, dan beberapa asam amino yang semuanya ditemukan dapat ,mempengaruhi neurotransmitters di dalam otak. Tapi hasl studi menunjukan, minum teh dapat mempercepat pemulihan dari stress dalam kehidupan sehari-hari. Hal tersebut bisa dijadikan referensi untuk rutin meminum teh hitam yang bermanfaat sebagai penurun stress.

Kendati tidak dapat menurunkan stress secara aktual, tampaknya teh mempunyai khasiat yang lebih besar dalam menurunkan kadar hormone stress kembali ke normal.

Itulah manfaat yang terdapat pada teh hitam, semoga bermanfaat bagi anda.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Manfaat Teh Hitam Yang Perlu Diketahui"

Post a Comment