Manfaat Bawang Merah Untuk Kesehatan


Bawang merah selain sebagai bumbu masakan, ternyata bisa di gunakan juga untuk bidang kesehatan. Di mana bawang merah memiliki khasiat untuk pengobatan. Karena setiap 100 gram umbi bawang merah mengandung 39 cal kalori, 1,5 gr protein, 0,3 gr hidrat arang, 0,2 gr lemak, 36 mg kalsium, 40 mg fosfor, 0,8 mg besi, 0,03 mg vitamin Bruce, 2 gr vitamin Carter, dan 88 gr air.

Selain kandungan di atas bawang merah juga mengandung senyawa kimia asam amino yang tidak berbau, tidak berwarna, tetapi mudah larut dalam air. Ikatan asam amino ini sebagai alliin. Karena pengaruh enzim lain alliin juga dapat berubah menjadi zat yang mengandung belerang yang di sebut allicin. Dengan B1(thiamin), alliicin membentuk ikatan kimia yang di sebut allithiamine. Ikatan kimia tersebut lebih gampang di serap oleh tubuh manusia daripada vitamin B1 itu sendiri. Dengan kandungan itulah bawang merah layak untuk di jadikan sebagai obat-obatan tradisional.

Manfaat Bawang Merah Untuk Demam Sampai Kerokan

Berikut manfaat bawang merah untuk kesehatan:

  • Untuk mengatasi batuk

Ambil 3 umbi bawang merah, parut dan tambah dengan air perasan jeruk nipis serta minyak kelapa secukupnya. Aduk rata dan olehkan pada leher dan dada.

  • Jika masuk angin

Siapkan 8 umbi bawang merah, cuci dan tumbuk sampai halus. Lantas remas dengan air kapur sirih. Gosokkan pada tulang punggung, tengkuk, perut, dan kaki.

  • Untuk hipertensi

Ambil 30 gr bawang merah dan blender dengan air secukupnya. Tambahkan madu, lalu minumlah.

  • Jika demam

Ambil bawang merah secukupnya, lalu lumatkan hingga halus. Setelah itu lumatan bawang merah di lumurkan pada seluruh tubuh.

  • Untuk kerokan

Ambil 2 umbi bawang merah lalu lumatkan hingga halus. Setelah itu lumatkan bawang merah di lumurkan pada seluruh tubuh.

  • Untuk mengatasi payudara membengkak

Sediakan bawang merah secukupnya, lalu cuci bersih, dan bilas dengan air bersih yang hangat. Setelah itu lumatkan bawang merah. Cara pemakaiannya ialah lumurkan lumatan bawang merah ke seluruh payudara yang sakit tetapi jangan sampai terkena puting susu. Perlu di ketahui bahwa biasanya radang payudara terjadi sekitar 1-2 minggu setelah melahirkan. Penyebabnya antara lain karena tersumbatnya saluran air susu, atau air susu banyak tetapi keluarnya tidak lancar. Penyebabnya antara lain terkena infeksi kuman yang di tulari sakit bila oleh bayi saat menetek, atau terkena kuman dari busana dan BH yang kotor. Gejala mastitis terlihat pada pembengkakan payudara dan keras, panas,sakit bila di sentuh, dan warnanya kemerahan, di ikuti demam atau meriang.

Itulah manfaat bawang merah yang bisa dijadikan sebagai obat. Semoga bermanfaat untuk anda dan keluarga.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Manfaat Bawang Merah Untuk Kesehatan"

Post a Comment